Main ke Perpustakaan Provinsi DKI

Seperti minggu sebelumnya, weekend adalah waktunya Ursula dan Nicola, dan kali ini kami memilih ke Perpustakaan Provinsi DKI Jakarta. Lokasinya di Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini, sebelah Planetarium.

Memasuki Gedung Perpustakaan, kami disuguhkan beraneka foto sejarah, herbarium dan buku berkualitas dalam Ruang Pamer. Jakarta tempo dulu ditampilkan dalam foto hitam putih dan deskripsi yang informatif, baik jika Mama Papa membacakannya untuk si kecil.

Ruang Pamer
Ruang Pamer

Perpustakaan lantai 1 untuk dewasa, lantai 2 untuk anak dan khusus lantai 3 adalah buku referensi. Memasuki Perpustakaan, dilarang membawa tas, makanan dan minuman, jadi kami menitipkannya di loker yang terletak di lantai dasar, hanya dengan menukarkan kartu identitas diri, kami diberi kunci loker.

Perpustakaan anak ada di lantai 2, terdapat 2 area, Area Buku dan Arena Bermain. Keduanya dipisahkan sekat dan pintu kaca. Wah arena bermainnya sangat luas, Ursula dan Nicola senang sekali  bermain di Arena Bermain, mereka langsung berlari sambil tertawa lepas. Ayunan, perosotan, kolam mandi bola, flying fox, mobil – mobilan serta rak berisi mainan kayu edukatif tersedia lengkap. Mereka bereksplorasi mencoba aneka mainan. Minggu itu, Perpustakaan rupanya lebih ramai, kami terus mengawasi mereka bermain, karena teman yang lain jauh lebih besar fisiknya. Tersedia bangku di Arena Bermain untuk Papa Mama yang menemani anak – anak. Lebih menarik lagi, lantainya tergambar peta Indonesia dengan tepian dilapisi busa, anak bisa belajar tekstur kasar dan halus disana. Menarik kan ?

Perpustakaan Provinsi DKI Jakarta
Arena Bermain
arena bermain
arena bermain

1440318203984

Setelah puas bermain, kami mengajak mereka cooling down ke Area Baca. Buku – buku nya sangat lengkap, Mama Urs melihat dari berbagai tingkatan umur anak tersedia disana, untuk baby sampai kakaknya. Ensiklopedia umum, ensiklopedia berdasarkan agama, science, biology, geography, history, matematika, stimulasi sensori, pengenalan abjad usia dini, lengkap kap, gemes pengen baca semua hihihi….

Area Baca
Area Baca
Yuk baca buku
Yuk baca buku

Kami biarkan Ursula dan Nicola mengambil buku yang mereka mau, lalu kami bacakan, belum selesai habis satu buku ambil lagi buku yang lain. Urs rupanya tertarik pada buku biology, aneka jenis hewan di dunia, sedangkan Nic hobi sekali dia mengambil giant book, ya memang untuk seusia dia. Usai membaca, mereka meletakkan kembali ke tempat semula. Mereka betah berlama – lama lesehan membuka halaman per halaman.

Sayang, banyak buku berserakan, setelah membaca rupanya ditinggalkan begitu saja, tidak dikembalikan ke rak asalnya, begitu juga dengan aneka mainan kayu, banyak tercecer, kurang rapi. Catatan untuk Mama dan Papa yang mengajak anak – anak ke Perpustakaan Umum, yuk ajak mereka merapikan kembali buku dan mainan yang habis dimainkan, supaya rapi, terawat dan awet. Ini  juga mengajarkan anak untuk mempunyai tingkah laku baik di tempat umum, memikirkan kepentingan orang lain.

Ruang Baca
Ruang Baca

Tak terasa, kami sudah tiga jam bermain disini, Ursula dan Nicola juga tidak ada tanda – tanda mengajak pulang, betah rupanya mereka diantara buku – buku.

Lain waktu kita kesini lagi ya Urs and Nic.

Oiya, sebagai informasi jam buka Perpustakaan Provinsi DKI Jakarta :

Senin – Jumat : 09.00 – 20.00

Sabtu – Minggu : 09.00 – 18.00

Hari libur nasional : Tutup.

Jika Mama Papa ingin menjadi anggota, mudah sekali, langsung datang ke lantai dasar, mengisi lembar formulir anggota baru, menyerahkan 1 lembar foto copy KTP DKI Jakarta dan 1 lembar foto diri 2×3, jika tidak ada foto, bisa langsung foto ditempat, tak sampai 2 menit, kartu anggota sudah jadi… hooreeee.. cepat kilat ya.

Mama Papa bisa meminjam maksimal 2 buah buku dan gratiiiss… hoooreee lagii..

Mama Urs dan Bapak Nic sangat merekomendasikan tempat ini. Nyaman dan banyak buku bagus. Yuk main ke sini yukkk….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s