Hidup Setelah Hidup

Beberapa waktu yang lalu, saya diundang Misa perayaan 1 tahun meninggalnya Ibu Intan, salah seorang umat Paroki St. Robertus Bellarminus. Kali ini bukan Misa biasa. Romo Dedo yang kala itu memimpin Misa, menciptakan penghormatan dan ” in memoriam” dengan upacara cahaya. Ada karangan salib di depan altar, nantinya umat yang hadir, memasangkan lilin bernyala hingga berbentuk salib bercahaya. Syahdu diiringi instrumen Tears In Heaven.

Menghadirinya membuat saya merenung. Jika nanti saya meninggal, orang akan mengenang saya sebagai apa dan seperti apa. Sebenarnya itu tidak penting lagi karena saya percaya roh saya akan pergi ke tempat yang sudah Bapa tentukan. Tapi sebagai manusia yang masih diberi kesempatan hidup, ini menjadi bahan perenungan bagi saya.

Apakah hidup saya selama ini sudah membahagiakan orang sekitar, terutama keluarga, dan memberi makna bagi sesama? Apa makna saya?

Apakah hidup saya sekarang sudah cukup berarti, hingga nantinya orang akan mengingat saya saat saya meninggal?

Apakah hidup saya sekarang sudah berkenan dihadapanNya, dan cukup baikkah saya dihadapanNya?

Jika belum, apakah masih ada kesempatan yang cukup bagi saya untuk membahagiakanNya?

Tiba – tiba pertanyaan – pertanyaan liar itu melayang selama Misa berlangsung. Perasaan ini takut bukan main, maut bisa datang kapan saja bagaikan seorang pencuri datang di malam hari. Kita harus tetap waspada dan siap sedia.

Semoga saya belum terlambat, dan lekas memperbaikinya, hingga saya pantas dihadapanNya.

Seperti yang dikatakan santa Teresa, “bukan berpikir banyak tapi banyak mencinta, dan lakukanlah apa yang terbaik yang mengarahkanmu kepada cinta”.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

