Mama Baru

405796_448562648559068_1603061251_n

“Jangan pakai wortel untuk MPASI karena banyak mengandung nitrat!”, “Jangan pakai keju lho, keju bukan pengganti garam!”

Jangan ini, jangan itu, kata si ini, kata internet…bla.. bla…

Sering ga sih dengar kata – kata itu? dan lihat siapa yang berbicara.

Eyang Kakung? bukan, Mbah putri? juga bukan, Oma atau Opa? nop, bukan.

Tapi emak – emak muda, bapak – bapak yang baru saja punya anak satu atau dua.

Saya langsung teringat saat saya “muda” dulu 😀 Saat si kecil Ursula masih bayi.

Saya dulu juga pernah diposisi itu, sok tahu, sok benar sendiri.

Harus diakui, tidak mudah menjadi ibu yang bekerja, tinggal di rumah terpisah dengan orang tua, arus informasi begitu derasnya, dari majalah langganan, TV, radio saat berangkat kantor, internet apalagi.

Semua itu masuk ke otak, terserap, zhept.... mentah – mentah diaplikasikan dan tiba – tiba saya jadi pakar mirip banget dokter anak.

Mitos – mitos dan kebiasaan orang tua, saya mentahkan dengan argumen yang saya baca dari berbagai sumber tersebut.

Lama – lama, kok kondisinya berbeda dengan kenyataan sehari – hari, saya lalu konsultasi dengan dokter dan yang pakar beneran.

Kemampuan membaca fakta itu penting, kemampuan mengerti fakta juga penting, namun jauh lebih penting mengkomunikasikan fakta tersebut.

Kini, saya lebih realistis. Ya, saya memang ingin memberikan yang terbaik untuk anak saya, saya ingin yang the best untuk mereka.

Semua informasi tersebut saya aplikasikan sesuai kondisi dan kebutuhan.  Yang pasti, saya akan tetap mengkomunikasikan apa yang saya tahu dari pengalaman, tanpa nada menggurui apalagi bermaksud sok pinter,lebih bijaksana saja.

Saya ingin tumbuh bersama anak – anak, menjadi ibu yang bijaksana, bukan dikenal sebagai ibu yang sok pinter.

Saya ingin jika orang ketemu, secara suka hati kami saling sharing pengalaman as a mom, jadi kami saling memperkaya. Bukan begitu Bu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s