Bisnis Modal Dengkul

“Siapa mau kaya?” ” Kaya itu kayak apa sih?” “Siapa disini yang sudah kaya?”

Ga ada yang jawab pertanyaan itu, pada melongo, tengok kanan kiri.

Sudah belum yaaa…

Mas Nur Colish dari Wonosobo, membuka sesi 2 GusDur entrepreneur dengan memberi kami tantangan.

Entrepreneur muda ini membagi semangatnya kepada kami melalui ilmu mindset Entrepreneur yang lebih membumi dan konkrit.

Menurutnya kita perlu SUKSES, BAHAGIA,  sekaligus KAYA.

susah? ga, gampang kok

Awalnya DREAM, inilah yang jadi awal, nah kalau mau punya DREAM, pilihlah atau jabarkan DREAM itu dengan spesifik dan logis. Dengan begitu kita akan lebih mudah mencapainya. Bandingkan ya :

1. Ingin jadi investor

2. Ingin mempunyai bisnis sendiri

3. Ingin sukses jadi business owner

bandingkan dengan :

1. punya toko kain 20 cabang dalam 5 tahun

2. punya 1 toko sendiri dan go online

lebih jelas dan mudah mencapainya kan.

Yang kedua adalah BELIEVE – yakinlah kalau kita bisa mencapai dream itu. yakinlah apa kita pikirkan akan terjadi.

selanjutnya CHANGE, berubah dong kalau mau jadi wirausaha. masa mau usaha sendiri, bangun tetap siang, malam begadang nongkrong di pos ronda, ga ada yang berubah! akan terus seperti itu.

Mulailah bangun lebih pagi, bergaulah dengan teman – teman yang tipikal pengusaha – contohnya komunitas GusDurian entrepreneur 😀

Kalau kita tetap bergaul dengan teman – teman tipikal karyawan dan belum punya usaha, so, itu kayak pemadam kebakaran kata Mas Nur Colish. Semangat kita akan padam dengan komentar mereka, ” ah buka usaha, paling bangkrut” drop deh motivasi kita. Bukannya kasih semangat justru apriori.

Nah, gongnya adalah ACTION, hayu cepat bergerak, masuk aja, nekat dan berani aja. ibaratnya belajar renang, takut nyebur ke kolam ya selamanya ga bisa renang, betul ga?

Tapi perlu modal kan? ini juga pertanyaan ribuan orang diluar sana yang kalau ditanya apa kendala jadi pengusaha? jawabnya pasti modal. bener ga?

Mas Nur Cholis kembali memberi fakta dan juga tantangan, ini bukan masalah MODAL aja. ini mindset!

Modal dengkul aja bisa buka usaha kok, bikin kartu nama usaha 2 box seharga 50rb, sebar ke potensial market, jadi deh.

Nah kalau sudah nyemplung di bisnis, pasti ada PROBLEM, tapi harus di EVALUASI kemudian cari SOLUSI. Evaluasi dan solusi inilah yang menjaga supaya  jangan gampang ganti bisnis kalau ada masalah sedikit. bukankah dari kesalahan itu kita tahu apa yang harus dibenarkan?

Setelah kita nyemplung di bisnis, perlu diketahui ada empat PILAR BISNIS dan semuanya harus dimengerti oleh si empunya :

1. PRODUKSI, bisnis kita itu berupa apa? bisa jasa, bisa barang. Apa yang mau kita jual?

2. MARKETING, bagaimana sih kita menjual produk, kalau bisa yang agak berbeda kemasannya.

3. KEUANGAN, sebagai langkah awal, pisahkan uang usaha dan pribadi! untuk mencegah korupsi uang usaha, GAJIlah diri sendiri dengan besaran persen yang kita tentukan dari awal membangun usaha.

4. SDM, pilih karyawan yang punya passion, semangat, enerjik.

Terakhir, Mas Nur Colish memberikan tips ATM – Amati Tiru Modifikasi.

Selamat berjuang!!!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s