4 Tips Keuangan Keluarga

hi moms,

Apa kabar? ga lagi pusing kan? jabatan baru sudah menunggu? Yup apalagi kalau ga jadi Menteri Keuangan Rumah Tangga.

Hitung – hitung pemasukan dan pengeluaran, input ke pos – pos yang sudah disediakan, kalkulasi kebutuhan dan keperluan rumah, ga boleh ketinggalan keperluan anak.

Lho kok, tambah pusing ya, pos tabungan makin sedikit dari hari ke hari dan pengeluaran semakin banyak aja.

Sebenarnya bagaimana ya mengelola keuangan rumah tangga? Apalagi jika kita tidak double income, hanya si Ayah yang bekerja, sedangkan ibu – ibu macam kita full ngurus anak. Beruntunglah yang double income, Bapak dan Bunda sama – sama bekerja.  Namun eh namun, menurut saya pribadi, ga penting seberapa gede gaji kita or penghasilan kita, tapiiii… bagaimana cara kita mengelolanya. Right? dah kayak Ligwina Hananto nie saya 😀 yaahh.. namanya sharing pengalaman pribadi ya.

Berikut ada beberapa tips and trik yang mungkin berguna dan bisa diterapkan sesuai kondisi rumah tangga kita.

1. Mulai dengan membuat HOME BUDGETING di file tersendiri, misalnya Excel yang lebih mudah. Nah list apa saja sumber dan sumur PENGHASILAN, juga PENGELUARAN. buat sederhana aja dan disesuaikan sama pos rumah tangga kita. Males? download aja kalau gitu. googling ajah deh mom. sudah ada yang jadi, kita tinggal save and then input.

2. Nah dari situ bisa dilihat, pengeluaran kita untuk apa aja. Menurut Ligwina Hananto (ini beneran cooyy 😀 ) ada 4 kategori pengeluaran : investasi bulanan, cicilan bulanan, pengeluaran rutin and pengeluaran pribadi. Input deh satu2.

3. ATM bisa jadi momok lho mom, apalagi ATM dengan jaringan yang buaanyak, apalagi dibawah kantor ada ATM jadi gampang ngambilnya, kalau kita ga DISIPLIN, itu jadi jalan pengeluaran yang tak terbendung. coba deh disiplinkan pergi ke ATM seminggu sekali dengan pembatasan jumlah yang diambil.

4. Bisa juga pakai SISTEM AMPLOP. Isi amplop sesuai dengan jumlah yang sudah diestimasi. didepan amplop ditulis, ini pos apa pos apa, misalnya listrik,sampah or gas dan air pam, dll. nah kita ambil or bayar sesuai posnya, sekali lagi disiplin.

jadi empat poin diatas, bisa dicoba untuk keteraturan keuangan keluarga, tentu masih ada banyak tips dan trik untuk mengaturnya. Monggo sharing rame – rame.

Namuuunnn, sebanyak – banyaknya tips dan trik kalau kita tidak komit ya sama aja, bolong sana sini.

Sekali lagi selamat mencoba, diskusikan dengan pasangan apa yang jadi prioritas.

cchheerrss 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s