3 Kesalahan Umum Potty Training -Mother&Baby article

Memang tak mudah mengajarkan buang air kecil atau buang air besar pada tempatnya saat Si Kecil masih berusia di bawah dua tahun. Berikut adalah 3 hal yang sering terlewatkan para orang tua dalam mengajarkan potty training, dijabarkan oleh Dr. Peter L. Stavinoha, Ph.D, konsultan psikologi anak dari the Texas Psychological Association, Amerika Serikat.

1. Terlalu dini belajar
Orang tua harus tahu, kapan kira-kira Si Kecil siap untuk dilatih BAK dan BAB dengan tertib. Banyak pakar yang mengatakan, 18 bulan merupakan usia yang pas untuk potty training. Tetapi yang perlu Anda ingat adalah jangan memaksakan Si Kecil untuk bisa melakukannya dengan benar. Memaksakan kehendak saat usianya belum cukup, hanya akan membuat Si Kecil menghindari masa-masa itu. Karena, tentunya anak-anak punya kemampuan beradaptasi yang berbeda-beda.

2. Berpikir cuma ada satu cara mengajarkannya
Kebanyakan orang tua menginginkan hasil, tanpa mengingat bagaimana proses itu berlangsung. Yang bisa Anda lakukan dari mengamati jadwal dan aktivitas mereka mulai dari makan, minum, buang air, dan ciri-ciri kebiasaan mereka. Jadi, buatlah pembelajaran ini menjadi semenarik mungkin bagi Si Kecil. Jangan terlalu terpaku aturan-aturan yang ada tentang potty training.

3. Melupakan bahwa anak punya pribadi yang berbeda
Tentu, kepribadian seseorang sudah bisa terlihat sejak usianya masih dini. Ada anak yang menuruti apa perkataan Anda, ada pula yang cukup keras kepala. Sikap berbeda-beda itu lah yang perlu Anda cermati dan ikuti, lalu buatlah strategi untuk melatihnya.

(anggita/m&b/photo: http://www.blogcdn.com)
http://www.motherandbaby.co.id/artikel/baca/2011/1048/3-Kesalahan-Umum-Potty-Training.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s